Validitas Media Pembelajaran Menggunakan Smart Apps Creator pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi guru sering menggunakan metode ceramah dan jarang menggunakan media pembelajaran sehingga peserta didik hanya fokus mendengarkan penjelasan guru. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran menggunakan Smart Apps Creator yang layak pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen uji validitas dan praktikalitas dilaksanakan dalam bentuk pengisian angket. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi yang terdiri lembar validasi materi, validasi bahasa, dan validasi media dan lembar praktikalitas angket respon guru dan peserta didik. Subjek penelitian media Smart Apps Creator ini terdiri dari 24 orang peserta didik di kelas IV SDN 10 Bandar Buat. Pada hasil penelitian validitas pengembangan media pembelajaran menggunakan Smart Apps Creator memperoleh hasil 97% (sangat valid) pada ahli materi, 95% (sangat valid) pada ahli bahasa, 96% (sangat valid) pada ahli media. Selanjutnya hasil angket respon guru dan peserta didik di SDN 10 Bandar Buat menunjukkan hasil persentase kepraktisan 95% dan 90,41% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media menggunakan Smart Apps Creator pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas IV Sekolah Dasar telah dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Mutia Nurul Nissa, Mutia Nurul Nissa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.