Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Smart Apps Creator pada Materi Pengukuran Luas di Kelas IV Sekolah Dasar

Dani Anisa Imanda, Syafri Ahmad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektivitas media yang dikembangkan serta menghasilkan media pembelajaran Smart Apps Creator pada pengukuran luas di kelas IV SD yang valid, praktis dan efektif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Proses penelitian menggunakan model ADDIE terdiri dari lima langkah yaitu: (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Sekolah uji coba pada penelitian ini adalah kelas IV SDN 06 Luhak Nan Duo. Sekolah penelitian adalah kelas IV SDN 05 Luhak Nan Duo. Sekolah uji efektivitas pada penelitian ini adalah kelas IV SDN 02 Luhak Nan Duo. Hasil uji validasi pada media pembelajaran Smart Apps Creator secara keseluruhan oleh tiga validator aspek materi, bahasa dan media memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 97,39% kategori sangat valid. Berdasarkan nilai rata-rata hasil respon guru dan peserta didik memperoleh persentase sebesar 96,87% dan 97,43% kategori sangat praktis. Hasil keefektivan diperoleh persentase 84,19% kategori efektif. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran Smart Apps Creator materi pengukuran luas di kelas IV Sekolah Dasar telah valid, praktis dan efektif.

Full Text:

PDF

References


Adesfiana, Z. N., Astuti, I., & Enawaty, E. (2022). Pengembangan Chatbot Berbasis Web Menggunakan Model Addie. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 10(2), 147–152. https://doi.org/10.31294/jki.v10i2.14050

Ahmad, S., Kiswanto Kenedi, A., & Helsa, Y. (2019). Learning Model and Higher-Order Thinking Skill in Advanced Mathematical Study. 382(Icet), 703–708. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.170

Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publishing.

Burhasan, A., & Tanan, O. (2021). Pengaruh Teknologi Pendidikan Dalam Impelemntasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 1(2), 88-93.

Dewi S, Y., Amrina, A., Gazali, G., Mudinillah, A., Agustina, A., & Luksfinanto, Y. (2021). Utility of the Smart App Creator Application as an Arabic Learning Media. Izdihar : Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 4(3), 319–334. https://doi.org/10.22219/jiz.v4i3.17886

Minalti, M. P., & Erita, Y. (2021). Penggunaan Aplikasi Nearpod Untuk Bahan Ajar

Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2231-2246.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Riduwan. 2019. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru- Karyawan dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta.

Ummah, S. K. (2021). Media Pembelajaran Matematika (Vol. 1). UMMPress. https://books.google.co.id/books hl=id&lr=&id=HWIXEAAAQBAJ&oi=fnd&

Zainil, M., Helsa, Y., & Yanti, W. T. (2018). Mathematics learning through pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) approach and Adobe Flash CS6. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012095

Zurweni and Haryanto, H. S. A. M. and Z. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif mobile learning berorientasi pada kemampuan belajar mandiri siswa untuk materi kesetimbangan Kimia: Universitas Jambi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Dani Anisa Imanda, Syafri Ahmad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.