Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Komposisi Bangun Datar Kelas IV Gugus II Kecamatan Lengayang

Febri Nadiatur Rahma, Elfia Sukma

Abstract


 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan kegiatan membaca dalam pembelajaran yang berdampak pada rendahnya kemampuan membaca cepat siswa kelas V SDN 05 Batu Taba Tanah Datar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca cepat siswa dengan menggunakan Teknik Skimming di kelas V SDN 05 Batu Taba Tanah Datar. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan Teknik Skimming di kelas V SDN 05 Batu Taba Tanah Datar. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 20 orang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I dimulai dari persiapan hasil analisis: a) Modul Pengajaran menunjukkan rata-rata 82,5% (B) dan siklus II menjadi 95% (A), b) Keterlaksanaan aspek guru pada siklus I rata- rata 81% (B) dan siklus II 93% (A), sedangkan keterlaksanaan aspek siswa pada siklus I rata-rata 81 (B), dan siklus II menjadi 93 % (A), c) Penilaian kemampuan membaca cepat siswa pada teks fiksi pada siklus I diperoleh rata-rata 75% (C) dan siklus II rata-rata 91% (A).

References


Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan

Implikasinya dalam Kegiatan Belajar.

Maharani, N. Sukma. (2024). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik pada Teks Narasi Menggunakan Model Pembelajaran Predict, Organize, Researse, Practice, and Evaluate (PORPE) Ddi Kelas IVb SDN 03 Pakan Labuah Kota Bukittinggi. Journal of Basic Education Studies.

Misvaindra, D., & Sukma, E. (2020). Pengaruh Strategi Directed Reading Thingking Activity Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 194-201.

Aninditya.S. (2013). “Penerapan Strategi Cooperative learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Buhang, Y. (2023). IMPLEMENTASI TEKNIK SKIMMING DAN SCANNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT TEKS TANGGAPAN BAGI PESERTA DIDIK KELAS IX C SMP NEGERI 11 GORONTALO

Sukma, E.,Indrawati, T., Suriani,A.(2019). Penggunaan Media Literasi Kelas Awal di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 103-111

Randi, & Sari, I. N. (2021). Tingkat kemampuan membaca cepat dengan Menggunakan Teknik Skimming Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 76 Kota Bengkulu. Journal Pendidikan Tematik, 2(1).

Aqib dkk. (2016). “Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB dan TK”. Bandung: YRAMA WIDYA.

Arikunto & Suharsimi.(2014). “Penelitian Tindakan Kelas, Cetakan ke Sembilan”. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto. (2016). “Penelitian Tindakan Kelas”. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Huda.(2014). “Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.