Kelayakan Uji Validitas dan Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Construct 2 pada Pembelajaran IPAS Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas IV Sekolah Dasar

Indah Chairunnisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbantuan Construct 2 pada Pembelajaran IPAS menggunakan model Problem Based Learning di kelas IV Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap pelaksanaan, yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan), dan Evaluation (evaluasi). Data dari penelitian ini diperoleh dari hasil uji validitas dan praktikalitas. Data uji validitas diperoleh dari lembar validasi yang diisi oleh validator ahli materi, bahasa, dan media. Sedangkan data uji praktikalitas diperoleh dari angket respon guru dan peserta didik. Uji coba produk dilakukan kepada 20 orang peserta didik kelas IV SDN 05 Surabayo. Hasil dari penelitian ini, yaitu media pembelajaran interaktif berbantuan Construct 2 yang valid dan praktis. Hasil validasi secara keseluruhan, yaitu sebesar 94,04% dengan kategori sangat valid. Hasil kepraktisan dari angket respon guru sebesar 92,5% dengan kategori sangat praktis, kemudian hasil kepraktisan dari angket respon peserta didik sebesar 93,7% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbantuan Construct 2 menggunakan model Problem Based Learning pada pembelajaran IPAS di kelas IV Sekolah Dasar yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan pada proses pembelajaran.

References


Akbar, Sa’dun. 2017. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ayu, M., Sari, F.M., & Muhaqiqin, M. (2021). Pelatihan Guru dalam Penggunaan Website Grammar Sebagai Media Pembelajaran selama Pandemi. Al-Mu’awanah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 49–55.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Fitria, Y., Nofziarni, A., Hadiyanto, & Bentri, A. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2111–2120. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5451

Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291–299. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.40

Imran, A., Amini, R., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Model Learning Cycle 5E di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 5(1), 343-349.

Indra, W., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Media Games IPA Edukatif Berbantuan Aplikasi Appsgeyser Berbasis Model PBL untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 9(1), 59–66. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8654

Pertiwi, N., & Fitria, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Tema 9 Untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 6(1), 85–92. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8535

Rahmalia, Z., & Astimar, N. (2023). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran IPAS di Kelas V SD. 7(1), 34–43.

Safitri, M., & Aziz, M. R. (2022). ADDIE, sebuah model untuk pengembangan multimedia learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 50–58. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2237

Tria Rahayu, I., Pramuswari, M. F., Santya, M., Oktariani, R., & Fatimah, S. (2023). Analisis Hasil Pengaruh Perkembangan Iptek Terhadap Hasil Belajar Siswa Sd/Mi. HYPOTHESIS : Multidisciplinary Journal Of Social Sciences, 2(01), 97–110. https://doi.org/10.62668/hypothesis.v2i01.645


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Indah Chairunnisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.