Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Menggunakan Metode Pembelajaran Guide Writing di Kelas V SDN 15 Jalan Kereta Api Kota Pariaman

Weni Rizkika. M, Chandra Chandra

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil keterampilan menulis teks deskripsi peserta didik yang tergolong rendah. Hal ini disebabkan (1) kurangnya penulisan ide dalam menulis teks deskripsi, (2) kurangnya penggambar objek, (3) penulisan belum sesuai dengan struktur teks, (4) pemilihan kata yang belum tepat, serta (5) penulisan EBI yang belum tepat. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil keterampilan menulis teks deskripsi menggunakan metode pembelajaran guide writing di kelas V SDN 15 Jalan Kereta Api Kota Pariaman. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru dan peserta didik di kelas V SDN 15 Jalan Kereta Api Kota Pariaman yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: (1) kesesuaian isi karangan deskripsi dengan topik, (2) Organisasi, (3) Pilihan kata, (4) Penggunaan Bahasa, dan (5) Mekanik.  Setiap penilaian indikator pada siklus I dan II sudah mengalami peningkatan setelah diterapkannya metode pembelajaran guide writing kelas V sekolah dasar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran guide writing dapat meningkatan keterampilan menulis teks deskripsi kelas V di Sekolah Dasar.


Full Text:

PDF

References


Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22.

Azizah, N. I. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V Sd Improving The Writing Skills By Using Audio-Visual Media. Jurnal Elektronik Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(24).

Chandra, Mayarnimar, & Habibi, M. (2018). Keterampilan Membaca Dan Menulis Permulaan Menggunakan Model Vark Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1).

Dwi Damayanti, A., Nidaul Jannah, A., & Agustin, N. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Smp Muhammadiyah 19 Sawangan. Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia.

Eka Saputri, A., Nuraeni, Y., & Fadhillah, D. (2021). Analisis Keterampilan Menulis Cerita Dengan Metode Guide Writing Kelas Iii Sdn Karang Tengah 2 Kota Tangerang. Berajah Journal, 1(3), 154–160.

Habibi, M., & Chandra. (2018). Strategi Direct Writing Activity Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Bagi Siswa Kelas Ii Sd. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1).

Hayati, F. (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar : Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1).

Jamal, S., Syamsuddha, & Taufik, M. (2018). Kemampuan Menulis Deskripsi Berdasarkan Pengamatan Langsung Siswa Kelas Vii Smp Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.

Nazarudin, W., & Halidjah, S. (2014). Penerapan Pembelajaran Menulis Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 07 Pontianak Utara. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(6).

Nurlatifah, H., Uswatun, D. A., & Amalia, A. R. (2020). Penerapan Metode Guided Writing Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Perseda, Iii(1), 26–35.

Nyoman Krismasari Dewi, N., Rini Kristiantari, M., & Nyoman Ganing, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. In Journal Of Education Technology (Vol. 3, Issue 4).

Rachman, F. (2018). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran. Al-Wijdãn Journal Of Islamic Education Studies, 3(2), 160–174.

Salam, R., Makkasau, A., & Mustari, R. D. (2023). Penerapan Metode Guided Writing Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Siswa Kelas Ii Sdn 81 Pinrang. Dikdas Matappa: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 1(1).

Syakur, A., Syarif, W., Sugiarti, M., & Pratiwi, A. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Siswa Melalui Media Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Guided Writing Di Kelas Iii B Sdn Inpres Pampangan. Fonologi : Jurnal Ilmuan Bahasa Dan Sastra Inggris, 1(4), 31–41.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Weni Rizkika. M, Chandra Chandra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.