Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipas Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar

Harmaiyenda Nur Aulia, Yanti Fitria, Melva Zainil, Atika Ulya Akmal

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran dengan menggunaka model pembelajaran variatif belum maksimal dan perserta didik juga tidak dapat kooperatif untuk mengkontruksikan pengetahuan secara mandiri dan bekerja sama dengan teman sebaya. Hal ini menyebabkan peserta didik sulit memahami materi pembelajaran, tidak aktif untuk bertanya, dan hanya menerima apa yang di sampaikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPAS Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi terdiri dari satu Gugus V Kecamatan Payakumbuh Selatan Kota Payakumbuh. Dan terpilih sebagai sampel adalah Kelas IV SD Negeri 13 Payakumbuh sebagai kelas eksperimen dan SD Negeri 07 Payakumbuh sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif dengan jenis pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata Post-Test kelas ekperimen sebesar 77.5294 dan rata- rata Post-Test kelas kontrolsebesar 67.5789. berdasarkan perhitungan uji t diperoleh nilai Sig. (Two-Sided p) sebesar 0.034 < 0.05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji Independen Sampel T Test dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diteima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV Sekolah Dasar.

Full Text:

PDF

References


Akbar, A. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn di SMA Negeri 1 Batukliang Utara.

Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang

Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 5(1), 1-7.

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development of learning videos based on

problem-solving characteristics of animals and their habitats contain in IPA subjects

on 6th-grade. Journal of Education Technology, 5(1), 37-47.

Arikunto, S. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed

methods). Bandung: Alfabeta.

Karim, B. A. (2020). Teori Kepribadian dan Perbedaan Individu. Education and Learning

Journal, 1 (1), 40.

Nurhamidah, S. (2022). Problem Based Learning Kiat Jitu Melatih Berpikir Kritis Siswa.

Penerbit P4I

Sakerebau, J. (2018). Memahami Peran Psikologi Pendidikan Bagi Pembelajaran. BIA':

Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 1(1), 96-111.

Yani, J. A. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:

Alfabeta. Ferrari, JR, Jhonson, JL, & McCown, WG (1995). Procrastination And

Task Avoidance: Theory, Research & Treatment. New York: Plenum Press. Yudistira

P, Chandra. Diktat Kuliah Psikometri. Fakultas Psikologi Universitas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Harmaiyenda Nur Aulia, Yanti Fitria, Melva Zainil, Atika Ulya Akmal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.