Pengaruh Penggunaan Quiziz Paper Mode Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas V Sekolah Dasar

Ghina Qodriya, Atri Waldi, Rafhi Febryan Putera, Yunisrul Yunisrul

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendah hasil belajar peserta didik karena kurangnya penggunaan media yang edukatif yang mengakibatkan pembelajaran menjadi monoton dan kurang inovatif. Hal tersebut mempengaruhi keaktifan dan pemahaman peserta didik dalam menerima materi dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Quizizz Paper Mode terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian kuantitatif yang digunakan quasi eksperimen dan desain berbentuk Non-equivalen control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah SDN 11 Padang Panjang Timur, SDN 13 Padang Panjang Timur, dan SDN 15 Padang Panjang Timur. Dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata posttest hasil belajar dengan menggunakan Quizizz Paper Mode pada kelas eksperimen 79,444 dan menggunakan model kertas pada kelas kontrol 71,875. Ini berarti rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Dari hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung yaitu 2,1307 sedangkan ttabel dengan taraf signifikan 0,05 dan df = 49 adalah 2,0096, berarti thitung > ttabel sehingga H1 diterima.

Full Text:

PDF

References


Adilla Lubis, Diana & Ulfatun Najicha, Fatma. 2022. Pentingnya Pancasila Menjadi Mata Pelajaran Wajib dalam Kurikulum Pendidikan Nasional Guna Menjaga Keutuha Bangsa. Jurnal Penulisan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(5), 1-5. Retrived From https://doi.org/10.56393/decive.v2i5.614

Al Haddar, Gamar & Adam Juliano, Maulana. 2021. Analisis Media Pembelajaran Quizizz dalam Pembelajaran Daring pada Peserta didik Tingkat Sekolah Dasar. Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1512

Fitria, Y. (2017). Efektivitas Capaian Kompetensi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2). https://doi.org/10.24036/jippsd.v1i2.8605

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5

Hartini, M, R. Y., & Kusumowati, E. (2023). Pengaruh Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Peserta Didik Di Man Kotabaru. Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1), 160–169.

Ibda, H. (2018). Strengthening New Literacy in Teachers. Journal of Research and Thought of Islamic Education, 1(1), 1–21.

Isnawan, M. G., Nahdlatul, U., & Mataram, W. (2020). KUASI-EKSPERIMEN (Issue January).

Jakni, S. P. (2016). Metodologi penelitian eksperimen bidang pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Lestari, D., Asbari, M., & Yani, E. E. (2023). Kurikulum Merdeka: Hakikat kurikulum dalam pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 85–88.

Metode, P., Throwing, S., Hasil, M., Siswa, B., Materi, P., Saling, I., Mata, M., Agama, P., Dan, I., Pekerti, B., Of, A., Snowball, T. H. E., Method, T., Improving, I. N., Learning, S., In, O., Materials, B., Mutual, O. F., In, R., … Subjects, E. (2022). Al-Mihnah : Jurnal Pendidikan Islam dan Keguruan Al-Mihnah : Jurnal Pendidikan Islam dan Keguruan. 1(1), 141–154.

Ningrum, A. S. (2022). Pengembangan Perangkat PembelajaranNingrum, A. S. (2022) ‘Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar ( Metode Belajar )’, in PROSIDING PENDIDIKAN DASAR, pp. 166–177. doi: 10.34007/ppd.v1i1.186. Kurikulum Merdeka Belajar ( Metode Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1, 166–177. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.186

Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.323

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Rini, & Zuhdi, U. (2021). Pengaruh Media Quizizz Paper Mode Terhadap Hasil Belajar Materi Penerapan Sikap Pancasila Kelas IV UPT SD Negeri 220 Gresik. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 65.

Rizkianida, R., & Artharina, F. P. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Pendidikan Pancasila Melalui Metode Index Card Match Siswa Kelas IV SDN 3 Ngetuk.

Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33–41.

Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta.

Suriani, N., & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36.

V. Wiratna Sujarweni. (2014). Metodologi Penelitian. PT. Rineka Cipta, Cet.XII)an Praktek, (Jakarta : PT. Rineka Cipta, Cet.XII), 107.

Zaduqisti, E. (2016). Efektivitas Teknik Konseling Dengan Menulis Jurnal Belajar Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar (Perspektif Konseling Lintas Budaya). KONSELING RELIGI Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 7(1), 31. https://doi.org/10.21043/kr.v7i1.1675

Zamidar, Nur. 2022. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 4 Banda Aceh. Skripsi. Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. https://repository.ar-raniry.ac.id/25712/1/Nur%20Zamidar%2C%20160212036%2C%20FTK%2C%20PTI.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ghina Qodriya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.