Desain Buku Cerita Bergambar Dengan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Zahratul Hasanah, Chandra Chandra

Abstract


Permasalahan Literasi membaca pada siswa kelas II di sekolah dasar adalah guru merasa kesulitan mengajar karena kurang lancarnya sebagian siswa dalam membaca sehingga membuat proses pembelajaran terganggu. Lalu juga karena faktor dari dalam diri siswa yang memang memiliki minat membaca yang masih kurang. Minat dari dalam diri siswa untuk melakukan literasi membaca masih belum terlalu tinggi, salah satu penyebabnya karena kurang difungsikannya perpustakaan di sekolah. Faktor buku cerita juga menentukan minat literasi siswa untuk membaca. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan buku cerita bergambar yang digunakan oleh siswa kelas II Sekolah Dasar untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (R & D)  dengan memakai model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas II Sekolah Dasar. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu hasil validasi, praktikalitas, dan efektivitas penggunaan buku cerita bergambar. Hasil dari uji validasi materi, validasi bahasa, validasi media dengan kategori sangat valid. Untuk lembar praktikalitas respon guru dan siswa yaitu dengan kategori sangat praktis, sedangkan untuk efektivitas buku cerita bergambar dengan kategori efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan buku cerita bergambar ini sangat valid, praktis, dan efektif.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2015). Pembelajaran multiliterasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Ariyati, T. (2015). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media gambar berbasis permainan. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1).

Elfia Sukma, Tin Indrawati, Ari Suriani. (2019).‘’Penggunaan Media Literasi Kelas Awal di Sekolah Dasar”. (Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Vol.3 No. 2).

Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis kemampuan literasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089-2098.

Marsitah, I., Annisa, C. N., Yani, S., Oktari, E., & Rainapia, R. (2023). Pelatihan Literasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Karya Tulis Ilmiah Pada Anak Di SD Peusangan. Multidisiplin Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(03), 53-58.

Masruroh, F., & Ramiati, E. (2022). Pembentukan Karakter Gemar Membaca Pada Anak Usia Dini Melalui Media Buku Cerita Bergambar. INCARE, International Journal of Educational Resources, 2(6), 576-585.

Pinem, P. (2024). Pengembangan Materi Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi IPS Tentang Peninggalan Sejarah Di Kelas IV SDN Percontohan Kabanjahe (Doctoral dissertation, Univerasitas Quality Berastagi).

Soedarso, N. (2015). Komik: karya sastra bergambar. Humaniora, 6(4), 496-506.

Suisdiati, U., & SD, S. P. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Dalam Menggunakan Kalimat Melalui Penggunaan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas I SDN Blukon Kecamatan Lumajang Tahun Pelajaran 2016/2017. Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP), 4(2), 17-23.

Sumiarsi, N. (2015). Analisis kompetensi pedagogik dan pengembangan pembelajaran guru SD negeri 041 Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1).

Syamsuri, C. K., M. Hosnan, & Jamaludin, U. (2020). Penanaman Karakter Gemar Membaca Melalui Program LIterasi Sekolah Rakica di SD Negeri Taman Ciruas Permai.

Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220-1230.

Yuliana, Y. (2018). Pengembangan buku cerita bergambar sebagai bahan ajar dalam perkembangan moral anak usia dini taman kanak–kanak islamiyah Desa Tanjung Raja (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.