Keefektifan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wordwall Untuk Pembelajaran Majas di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya penggunaan media pembelajaran yang variatif pada pembelajaran Bahasa Indonesia yang memanfaatkan teknologi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif wordwallyang mana peserta didik akan belajar menggunakan media yang telah divalidasi dan sudah terkategori valid dan praktis sehingga menghasilkan pembelajaran yang lebih efektif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Researchand Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran wordwall menghasilkan hasil validasi dalam kategori sangat valid sehingga sangat layak digunakan.Hasil uji praktikalitas menunjukkan penilaian media pembelajaran wordwall dalam kategori sangat praktis yang artinya media telah memiliki kemudahan dalam penggunannya. Serta hasil uji efektivitasmedia pembelajaranwordwall melalui perhitungan hasil N Gain Scoremenunjukkan media pembelajaran yang dihasilkan dengan kategori efektif terlihat dari peningkatan hasil peserta didik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif wordwall di pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV Fase B Sekolah Dasar telah terbukti valid, praktis, dan efektif dalam proses pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
A Purba, Ramen, Dkk. (2021). Media Dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Akdon, dan Riduwan. (2015). Rumus dan Data dalam Analisis Statistik. Bandung: Alfabeta.
Batubara, H. H. (2021). Pembelajaran Berbasis Web dengan Moodle Versi 3.4. Deepublish.
Chandra, Mayarnimar, Habibi.M. (2018). Keterampilan Membaca Dan Menulis Permulaan Menggunakan Model Vark Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar,1(II), 1-9. : http://e-journal.unp.ac.id/index.php/jippsd
Damayanti, Alfia (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi Wordwall dalam penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa Kelas III MI Almaarif 02 Singosari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Gandasari, P., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3689–3696. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1079
Ibda, H. (2020). Bahasa indonesia tingkat lanjut untuk mahasiswa. Semarang : CV. Pilar Nusantara.
Maghfiroh, K. (2018). Penggunaan Media Word Wall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda.
Moeliono, A. M. dkk. (2017). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia, Edisi Keempat. Jakarta : Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan KebudayaanRepublik Indonesia.
Nurita, Teni. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Volume 03, Nomor 01
Ningtia, M. W., & Rahmawati, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Game Interaktif Berbasis Web Aplikasi Wordwall pada Pembelajaran Matematika Materi Kesetaraan Pecahan Mata Uang Kelas II SD. 10. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/3885
Okta Nadia, D. & Desyandri. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1924–1933. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.497
Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 452–457. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.162
Prihantini,A. (2015). Majas, Idiom, dan Peribahasa Indonesia Superlengkap. Yogyakarta: Bentang B First
Saputri, A., & Ariani, Y. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Android kelas IV SD. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2698–2707.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.
Sunarti, M Subana. (2019). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Berbagai Pendekatan, Metode Teknik dan Media Pengajaran. Bandung : CV Pustaka Setia.
Winarni, Endang Widi. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Bumi Aksara
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.