Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPAS Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Video Di Kelas IV SDN 58 Lubuk Buaya Kota Padang
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPAS menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif melalui empat tahap pelaksanaan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, Data penelitian diperoleh dari hasil perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas IV SD Negeri 58 Lubuk Buaya yang berjumlah 26 orang. Hasil penelitian menunjukkan: Penilaian Modul Ajar pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 81,22% (B) meningkat pada siklus II menjadi 95,83% (SB). Penilaian aktivitas guru pada siklus I pertemuan diperoleh dengan rata-rata 77,28% (B) meningkat pada siklus II menjadi 92,85% (SB). Penilaian aktivitas peserta didik pada siklus I pertemuan I yaitu 71,42% (C), pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 77,28% (B), meningkat pada siklus II menjadi 92,85% (SB). Hasil belajar peserta didik pada siklus I di peroleh rata-rata 70.28 dengan kualifikasi (C), meningkat pada siklus II menjadi 89.03 dengan kualifikasi (A). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil pembelajaran IPAS di kelas IV SDN 58 Lubuk Buaya.
Full Text:
PDFReferences
Arwin, A., Yunisrul, Y., & Zuardi, Z. (2019). Learning Make A Match Using Prezi in Elementary School in Industry 4.0. 382(Icet), 426–429. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.107
Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru (Cetakan 11). Jakarta: Rajawali Pers : Rajagrafindo Persada.
Kunandar, D. (2015). Penilaian Autentik (Penilian Hasil Belajar Peserta didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh (Cetakan 4). PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.
Mayanti, A., Poluakan, C., & Tumimomor, F. R. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Metode Demonstrasi dan Eksperimen pada Pembelajaran Fisika tentang Hukum Newton. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 9–14. https://doi.org/10.53682/charmsains.v3i1.144
Safitri, R., Eka Subekti, E., & Nafiah, U. (2023). Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Di SD Supriyadi Semarang. Ulin Nafiah INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 297–308.
Sanjaya M.Pd, W. P. D. . (2014). Media Komunikasi Pembelajaran (Cetakan 2). KENCANA.
Setyo, A. A., Fathurahman, M., & Anwar, Z. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. YAYASAN BARCODE.
Suciati, I., Hapsan, A., & Rahmawati. (2022). EFIKASI DIRI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA: Suatu Kajian Meta-Analisis (p. 90). CV. RUANG TENTOR.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Indah Herfina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.