Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Menggunakan Model Pembelajaran Planning, Attention, Simultaneous, and Successive Processing di Kelas I SD Bandar Buat
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan membaca permulaan pada peserta didik kelas rendah. Adapun dari beberapa peserta didik yang sama sekali belum bisa memperkenal alfabet, menentukan bunyi awal dari alfabet, kelancaran saat kegiatan membaca, pemahaman pendengaran, kosa kata Bahasa Indonesia dan dikte. Penelitian ini bertujuan guna mendeskripsikan tentang peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan model pembelajaran PASS pada peserta didik kelas I SDN 10 Bandar Buat. Jenis penelitian ini yaitu penelitian Tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur Penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I SDN 10 Bandar Buat. Sumber data penelitian ini adalah proses pembelajaran (pengamatan aktivitas atau perilaku guru dan peserta didik) dan instrumen penilaian keterampilan membaca permulaan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas I. Sebelumnya peserta didik belum mampu memahami mengenai mengenal huruf, membedakan bentuk bunyi awal, kelancaran saat membaca nyaring, pemahaman pendengaran, kosa kata Bahasa Indonesia dan dikte. Setelah diterapkannya model pembelajaran PASS, maka keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas I sudah meningkat.
Full Text:
PDFReferences
Aprilia, u., Fathurohman., P. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah. Mutiara: Multidiciplinary Scientifict Journal, 1(2), 60–73. https://doi.org/10.57185/mutiara.v1i2.10
Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar.
Bruce, Joyce, Weil Marsha, and Calhaoun Emily. 2016. Models Of Teaching (Ninth Edition) 9th ed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Chandra, C. dan S. A. (2017). Perwujudan Berpikir dalam Implementasi Literasi Membaca Berbasis Strategi The Big Questions and Bookmark Organizers di Sekolah Dasar. 1–23.
Fauziah, M. (2022). Model Pembelajaran Membaca Permulaan Planning, Attention, Simultaneous, and Successive Processing (PASS) di Sekolah Dasar. CV. Yendi: Rangkasbitung
Jihad, Asep. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kemendikbud. (2017). Materi Pelatihan Guru Implementasi. Jakarta: Kemendikbud.
Mu’alimin, dan Rahmat Arofah Hari Cahyadi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori Dan Praktik. Pasuruan: Ganding Pustaka.
Sudiarta, I. W. (2017). Pengaruh Metode Jolly Phonics Terhadap Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan Bahasa Inggris Pada Anak Kelompok B TK Mahardika Denpasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran PPs Universitas Pendidikan Ganesha, 1(3), 240–251. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/11974/7645
Uno, B Hamzah, dkk. (2012). Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, H. B., Lamatenggo, N., & Koni, S.M.A. (2014). Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.