Pengembangan LKPD Tematik Terpadu Berbasis TASC Menggunakan Kinemaster di Kelas V Sekolah Dasar

Risna Arifa Idaman, Arwin Arwin

Abstract


Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) adalah lembaran-lembaran yang didalamnya berisi tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik yang didalamnya berisi petunjuk-petunjuk cara penggunaannya dengan mengacu pada Kompetensi Dasar yang ingin dicapai. Tujuan dilaksanakannya penelitian pengembangan ini yaitu untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik Tematik Terpadu menggunakan KineMaster berbasis TASC Di Kelas V Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Jenis penelitain yang dilakukan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D tahap I yaitu Define, tahap II yaitu Design, tahap III Develop, dan tahap IV yaitu Disseminate. Subjek Uji Coba pada penelitian ini sebanyak 5 peserta didik kelas V di SDN 4 Toboh Nagari Malalak Timur, Kecamatan Malalak, Agam. Hasil dari penelitian pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan diperoleh hasil validitas berdasarkan para ahli yaitu ahli materi mendapatkan skor 78,5% kategori valid, ahli bahasa mendapatkan 94,6% kategori valid, dan ahli media mendapatkan 92,5% kategori valid. Pada respon guru di SDN 4 Toboh memperoleh nilai 87,50%. Sedangkan respon siswa di SDN 4 Toboh memperoleh nilai 92,28% berkategori sangat praktis.

Full Text:

PDF

References


Haryandi, S. (2015). Pengembanan Model Pembelajaran TASC Untuk Meningkatkan Kemampuan Mencipta Peserta Didik Dalam Fisika. Yogyakarta: Prosiding Seminar Nasional dan Pendidikan Fisika (SNFPF).

Kristyowati, Reni. (2018).lembar kerja peserta didik(LKPD) IPA sekolah dasar berorientasi lingkungan.

Lestari, L. T., Kurniawan, E. S., & Fatmaryanti, S. D. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Thingkin Actively In Social Context (TASC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menciptakan Pada Peserta Didik SMA. JRKPF UAD, 11.

Majid, A. (2014).Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Alkusaeri. (2013). Pembelajaran Matematika Dengan Model TASC (THINGKING ACTIVELY IN A SOCIAL CONTEXT) Pengembanagan Kemampuan Berfikir Kritis. Mataram: Beta..

Asmara, R., Susantini, E., & Rahayu, Y. S. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berorientasi Pendekatan Tasc (Thingking Actively In Social Conteks) Untuk Melatihkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa. Pendidikan Sains Pascasarjana Uniersitas Negeri Surabaya, 886.

Ayu, Ega Lestari.(2018).Pngembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Eksperimen IPA Kelas V SD. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan : Unversitas Raden Intan Lampung.

Dyah, D. S., Nur , N., & Eko , K. S.(2013). Pengembangan Lembr Kerja Peserta Didik Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampan berfikir Kreatif peserta didik pada materi listrik dinmis di SMA Purworejo kelas X. Jurnal radiasi, 3(1), 58-59.

Fathurrohman, M. (2017). Model- model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fitriani , A. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Strategi Motivasi ARCS(Attention, Relevance, Confidance,Satisfction)Materi sistim imunitas kels XI MIA MA Madani Alauddin Paopao. Makasar: Uin Alaudin Makasar.

Hamalik , O. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Haryandi, S. 2015. Pengembanan Model Pembelajaran TASC Untuk Meningkatkan Kemampuan Mencipta Peserta Didik Dalam Fisika. Yogyakarta: Prosiding Seminar Nasional dan Pendidikan Fisika (SNFPF)..

Katriani, L.(2014). Pengembanagan Lembar Kerja Peserta Didik. Yogyakarta: Universitas Yogyakarta.

Kristyowati, Reni.(2018).lembar kerja peserta didik(LKPD) IPA sekolah dasar berorientasi lingkungan.

Lestari, L. T., Kurniawan, E. S., & Fatmaryanti, S. D. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Thingkin Actively In Social Context (TASC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menciptakan Pada Peserta Didik SMA. JRKPF UAD, 11.

Muldayanti, N. D.(2013). Pembelajaran Biologi Model STAD dan TGT Ditinjau Dari Keingintahuan Dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 12-17.

Nindi, K.(2018).Pengembangan Media Pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbntuan Geogebra Pada Materi Purunan. lampung: Universits Islam Negri Intan Raden Lampung.

Ningsih, M. F.(2015). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Prastowo, A.(2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Riduwan. (2007). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian . Bandung: Alfabeta.

Siregar, R. S., Ramli, & Masril. (2018). Pengaruh Penggunaan Lkpd Berbasis Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kompetensi Fisika Peserta Didik Kelas Xi Sman 1 Pariaman. Pillar of Physics Education, 11(3), 177-184.

Sudjana, N.(2014). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sugiono.(2010). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kualntitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.