Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Aplikasi Plotagon Berbasis Project Based Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD

Rita Indah Mesra Yani, Risda Amini

Abstract


Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik yang valid dan praktis menggunakan aplikasi Plotagon  berbasis Project Based Learning pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD dengan menggunakan model pengembangan 4D. Langkah 4D adalah untuk mendefinisikan (define), merancang (design), mengembangkan (develop), penyebaran (disseminate). Lembar Kerja Peserta Didik  menggunakan aplikasi Plotagon Berbasis Project Based Learning untuk pembelajaran tematik terpadu yang disesuaikan secara tepat melalui uji validitas dan kepraktisan. Hasil uji validitas Lembar Kerja Peserta Didik menggunakan aplikasi Plotagon  berbasis Project Based Learning pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD yang divalidasi oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media dinyatakan valid dengan rata-rata 94,3% menggunakan validator. Sedangkan hasil uji praktikalitas  Lembar Kerja Peserta Didik yang valid dan praktis menggunakan aplikasi Plotagon  berbasis Project Based Learning di sekolah uji coba adalah 87,5% untuk respon guru dan 90,7% untuk respon peserta didik. Hasil uji kepraktisan disekolah penelitian adalah 91,6% untuk respon guru dan 87,7 untuk respon peserta didik. Dengan demikian, penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik menggunakan aplikasi Plotagon  berbasis Project Based Learning pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD ini valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

References


Fajar, D. T. P., & Amini, R. (2020). Penerapan Pendekatan Scientific Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Journal Of Basic Education Studies, 3(2), 1007-1033.

Malawi, Ibadullah, dan Ani Kadarwati. 2017. Pembelajaran Tematik. Jawa Timur: Cv Ae Media Gravika

Maulita, S. A., & Erita, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Online Menggunakan Aplikasi Schoology pada Pembelajaran Tematik Terpadu di SD. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 3650-3665

Minsih, M & Galih D, A. 2018.Peran guru dalam pengelolaan kelas.Profesi pendidikan dasar, 5(1), 20-27.

Rusman. (2016). Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.

Sholihatin, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Plotagon Pada Siswa Ma Nu Petung Panceng Gresik. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 6(6), 320-326.

Thohir, M., Muslimah, K. C., & Musyafa'ah, N. (2021). Prelude Aplikasi Plotagon Story Untuk Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Arab Sesuai Kma 183 Tahun 2019. Tadarus, 10(1)

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Umbaryati, U. (2016, February). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 217-225).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 rita indah mesra yani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.