Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Menggunakan Aplikasi Genially pada Pembelajaran IPAS di Kelas V SD Kota Padang
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan penggunaan media Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) dengan model ADDIE(Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Setelah melakukan analisis, peneliti merancang e-modul menggunakan Genially, kemudian divalidasi oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Setelah dinyatakan valid, media diimplementasikan dalam pembelajaran. Praktikalitas menggunakan angket respon guru dan respon peserta didik pada pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 28 air Tawar Timur.Hasil penelitian menunjukkan e-modul berbasis inkuiri menggunakan aplikasi genially sangat valid dengan skor 92% oleh ahli materi, 95 % oleh ahli bahasa, dan 92% oleh ahli media dengan rata-rata validitas sebesar 93%. Hasil uji praktikalitas menunjukkan e-modul sangat praktis dengan skor 98% oleh guru dan 92,34% oleh peserta didik SDN 28 Air Tawar Timur. Hasil uji efektivitas menunjukkan media pembelajaran sangat efektif digunakan di SDN 28 Air Tawar Timur dengan skor N-Gain sebesar 82% dengan kategori tinggi. Oleh karena itu, e-modul berbasis inkuiri menggunakan aplikasi Genially sudah valid, praktis dan efektif digunakan pada pembelajaran IPAS materi Sistem Pencernaan Manusia di kelas V Sekolah Dasar.
References
Arikunto, S., Fitriani, W., Haryanto, H., Atmojo, S. E., Fitriyani, Y., Fauzi, I., Sari, M. Z., Hamzah B. Uno, Kompri, Lin, M. H., Chen, H. C., Liu, K. S., Nakayama, M., Mutsuura, K., Yamamoto, H., Rachmat, A., Krisnadi, I., Rafiola, R. H., Setyosari, P., … Nana, S. (2016). Model Penelitian Pendidikan. In Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Vol. 7, Issue 1).
Arwin, A., Yunisrul, Y., & Zuardi, Z. (2019). Learning Make A Match Using Prezi in Elementary School in Industry 4.0. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.107
Desyandri, D., & Vernanda. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Identifikasi Masalah. Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah 4.
Kemendikbud. (2017). Panduan Praktis Penyusun E-Modul Tahun 2017. In Kemendikbud.
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2).
Mumtaha, H. A., & Khoiri, H. A. (2019). Analisis Dampak Perkembangan Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 Pada Perilaku Masyarakat Ekonomi (E-Commerce). JURNAL PILAR TEKNOLOGI : Jurnal Ilmiah Ilmu Ilmu Teknik, 4(2). https://doi.org/10.33319/piltek.v4i2.39
Putri, L. D., & Erita, Y. (2023). Pengembangan E-Modul Menggunakan Genially Pada Pembelajaran IPAS Di Kelas IV Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2).
Wahyuni, R., & Witarsa, R. (2023). Penerapan Model Inkuiri untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(1). https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.148
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 anggie rezky wira verdila

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.