Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV SDN Gugus II Kecamatan Talawi

Miftahul Fadillah, Masniladevi Masniladevi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN Gugus II Kecamatan Talawi. Model Problem Based Learning adalah sebuah model pembelajaran yang menyajikan masalah dunia nyata untuk dipecahkan oleh peserta didik yang dapat menjadikan peserta didik aktif, berpikir kritis serta melatih dan mengembangkan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah sehingga memperoleh konsep dan pengetahuan baru. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental design dengan bentuk the nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN Gugus II Kecamatan Talawi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling. Sehingga didapatkan kelas IV SDN 13 Salak sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SDN 19 Sijantang Koto sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu sebesar 84,54 (kelas eksperimen) dan 69,8 (kelas kontrol). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan statistik uji-t yang diawali dengan uji prasayarat analisis dengan melakukan uji normalitas dan homogenitas dengan taraf signifikan 0,05. Hasil analisis data diperoleh thitung sebesar 4,712 sedangkan ttabel sebesar 2,012. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN Gugus II Kecamatan Talawi.

References


Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Malawi, I dan Ani, K. (2017). Pembelajaran Tematik:(Konsep dan Aplikasi). Cv. Ae Media Grafika.

Maryunda, H., & Desyandri, D. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN Gugus Baruah Gunuang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1405-1412.

Oktaviani, A, Reinita, Abidin, Z. (2018). Pengaruh Model Pbl Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas V Sekolah Dasar. Padang: Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 11-16.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pres.

Sumantri, M, S. (2015). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Miftahul Fadillah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.