Kelayakan Hasil Uji Validitas dan Praktikalitas Media Interaktif Wordwall Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPAS di Kelas V Sekolah Dasar

Hendri Akhirudin, Yanti Fitria

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif Wordwall   menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPAS di kelas V sekolah dasar yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research & Development (R&D) menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan, yaitu  Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation . Data penelitian diperoleh melalui validasi oleh ahli materi, bahasa dan media. Untuk praktikalitas produk dilakukan dengan pengisian angket respon guru dan peserta didik. Uji coba dilakukan di kelas V UPT SDN 34 Singgalang dan penelitian ini dilakukan di kelas V UPT SDN 07 Singgalang. Hasil penelitian ini adalah media interaktif Wordwall yang valid dan praktis. Hasil keseluruhan uji validitas adalah 93,67% dengan kategori sangat valid. Sedangkan untuk hasil uji praktikalitas media interaktif Wordwall   sangat praktis dengan persentase kepraktisan dari respon guru adalah 91,25%, dan persentase kepraktisan dari respon peserta didik adalah 94%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa media interaktif Wordwall   menggunakan model PBL pada pembelajaran IPAS di kelas V Sekolah Dasar yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Fitri, N. N., & Amini, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis RADEC PadaPembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD. Journal of Basic Education Studies, 6(2), 376–396.

Herta, N., Nupus, B. C., Sanggarwati, R., & Setiawan, T. Y. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Game Wordwall dalam Pembelajaran untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. 3, 527–532.

Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research And Development). Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia, 1(2), 20–35.

Olisna, Zannah, M., Sukma, A., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Game Interaktif Wordwall untuk meningkatkan Akhlak Terpuji Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4133–4143. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2737

Pertiwi, N., & Fitria, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Tema 9 Untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 6(1), 85–92. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8535

Putri, N. M., & Hamimah, H. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Wordwall Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran IPA. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(1), 95–99. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i1.99

Riduwan, & Sunarto. (2015). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Ekonomi,Komunikasi, dan Bisnis. Alfabeta.

Subhan, M., Ratnawati, & Suci, E. W. (2023). Pengembangan Media Game Pembelajaran IPAS Materi Transformasi Energi Disekitar Kita Menggunakan Aplikasi Wordwall Kelas IV SDN 108/VIII Sari Mulya. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09 (02), 5899–5909.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hendri - Akhirudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.