Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dikelas V Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pada pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered) sehingga peserta didik tidak berpartisipasi secara Aktif atau pasif dalam proses pembelajaran sehingga berdampak terhadap hasil belajar peserta didik dan belum memperoleh KKTP yang ditargetkan sekolah. Tujuan Penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dikelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian kuantitatif yang digunakan adalah Quasi eksperimen,desain berbentuk nonequivalent control group design.Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas V Sekolah Dasar yang bertempat di Gugus IV Tigo Koto Silungkang Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam yang telah menggunakan Kurikulum Merdeka. Teknik Probability Sampling- Cluster Random Sampling.Hasil penelitian menujukkan terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dikelas V Sekolah Dasar. Dari hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung yaitu 3,764983 sedangkan ttabel dengan taraf signifikan 0,05 dan df = 56 adalah 2,003241, berarti thitung > ttabel sehingga H1 diterima.
Full Text:
PDFReferences
Agus Purnomo, Maria Kanusta, F. (2022). Model, Pembelajaran, Dan Model Pembelajaran.
Akhyar, S. M., & Dewi, D. A. (2022). Pengajaran Pendidikan Pancasila Di Sekolah Dasar Guna Mempertahankan Ideologi Pancasila Di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1541–1546. Http://Journal.Upy.Ac.Id/Index.Php/Pkn/Article/View/2772%0Ahttps://Journal.Upy.Ac.Id/Index.Php/Pkn/Article/View/2772/Pdf
Amelia, S., & Elfia Sukma. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV. Journal Of Basic Education Studies, 4(2), 1–8. Https://Ejurnalunsam.Id/Index.Php/Jbes/Article/View/2693
Azani Diva, Z. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Metode Kumon Dikelas V SD. 5, 2–3. Https://Journal.Universitaspahlawan.Ac.Id/Index.Php/Jpdk/Article/View/13643/10379
Fitria, Y. (2017). Efektivitas Capaian Kompetensi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2). Https://Doi.Org/10.24036/Jippsd.V1i2.8605
Hendri, S., & Kenedi, A. K. (2018). Analisis Pendahuluan Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Discovery Learning Pada Materi Pecahan Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V Sd. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 78. Https://Doi.Org/10.24036/Jippsd.V2i2.102707
Kristin, F., & Rahayu, D. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas 4 Sd. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 84. Https://Doi.Org/10.24246/J.Scholaria.2016.V6.I1.P84-92
Magdalena, I., Rizqina Agustin, E., & Fitria, S. M. (2024). Cendikia Pendidikan Konsep Model Pembelajaran. Sindoro CENDIKIA PENDIDIKAN, 3(1), 41–55. Https://Doi.Org/10.9644/Scp.V1i1.332
Maskur Dwiputro, R., Indra, H., & Rosyadi, A. R. (2021). Model Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Rayah Al-Islam, 5(02), 247–263. Https://Doi.Org/10.37274/Rais.V5i02.451
Rustamana, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Penyelidikan (Discovery Learning) Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Abad - 21 Pada Mata Pelajaran Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Cinangka. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3(1), 139–153.
Waldi, Atri, Reinita, Anita, Yesi, Putri, Katherine, Aisyah, A. (2023). Konsep Dasar PKN SD.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Sulis Anggraini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.