Pengembangan Modul Ajar Membaca Permulaan Berbasis Model Picture Word Inductive di Sekolah Dasar

Windi Putri, Chandra Chandra

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan modul ajar di sekolah dasar, sehingga mempengaruhi prestasi belajar peserta didik. Penelitian bertujuan untuk menciptakan modul ajar membaca permulaan yang didalamnya terdapat gambar, warna serta sepuluh kegiatan yang akan dilakukan sehingga dapat memberikan motivasi kepada peserta didik dalam belajar dan meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan model pengembangan ADDIE. Model penembangan ADDIE memiliki tahap-tahap, yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implemation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Pengambilan data dilakukan dengan lembar validasi, angket respon guru, angket respon peserta didik dan nilai pretest dan posttest. Lembar validasi terdiri dari validasi ahli materi, validasi ahli media dan validasi ahli kebahasaan. Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu 15 orang peserta didik kelas I SDN 9 Sijunjung dan 30 orang peserta didik kelas I SDN 1 Sijunjung. Penelitian ini memperoleh hasil validasi dengan kategori sangat valid artinya sudah sangat layak digunakan. Hasil angket respon guru dengan kategori sangat praktis, sedangkan angket peserta didik memperoleh kategori sangat praktis. Hasil uji N-Gain diperoleh rata-rata N-Gain dengan kategori tinggi. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model ajar membaca permulaan berbasis model Picture Word Inductive ini sudah layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Annisa, Ayuningsih, D., Ekaputri, N., Utami, N. C. M., & Taofik. (2015). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca dengan Metode Picture Word Inductive Model pada Siswa Kelas II SDN Pulogebang 07. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 170–183.

Apriliana, A. C. (2016). Picture word inductive model (PWIM) dalam pembelajaran membaca dan menulis permulaan di sekolah dasar. Pedagogik, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.33558/pedagogik.v4i1.1264

Asmin, M. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Literasi Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Terang- Terang Kabupaten Bulukumba Development. Pinisi Journal Of Art, Humanity & Social Studies, 1–14.

Calhoun, E. F. (1999). Beginning Reading and Writing g i n h c a e T With The Picture Word Inductive Model.

Chandra, C., Mayarnimar, M., & Habibi, M. (2018). Keterampilan Membaca Dan Menulis Permulaan Menggunakan Model Vark Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 72–80. https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i1.100050

Damaiyanti, R., Satrijono, H., Hutama, F. S., Ningsih, Y. F., & Alfarisi, R. (2021). Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN Patrang 01 Jember pada Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 8(2), 75. https://doi.org/10.19184/jipsd.v8i2.24990

Fajrin, N. N. (2020). Peningkatan kemampuan membaca permulaan menggunakan treechart pada murid cerebral palsy tipe spastik kelas II SLB YPKS bajeng kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 4.

Gizella, R. (2021). Pengembangan Modul Bahasa Indonesia. 12. https://repository.usd.ac.id/40331/1/171134135_full.pdf

Jainap. (2022). Metode Ceramah dalam Belajar dan Pembelajaran. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/u5fyq

Kartini, N. H. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas I Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Holistika, 7(1), 44. https://doi.org/10.24853/holistika.7.1.44-52

Narayani, D., Zulfah, & Astuti. (2023). Analisis Bibliometrik : Fokus penelitian hasil belajar dalam pembelajaran matematika (2013-2023). Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(1), 29–35. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i1.80

Nina Sundari. (2019). Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5(1), 9–25.

Sari, N. T. (2015). Pengembangan modul berbasis gambar kejadian riil untuk pembelajaran fisika sma 1). 187–188.

Sukma, E. (2019). Literasi Membaca Puisi Guru SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 65. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i1.106325

Susanto, F., & Ayuni, I. R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Nht Dengan Strategi Pemecahan Masalah (Problem Solving) Sistematis Bagi Peserta Didik Smp Di Kabupaten Pringsewu. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(3), 301. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i3.1054

Wardani, I. K., Lestari, S., & Budiarti, M. (2020). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 286–289. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.