Keterampilan Berpikir Komputasi Bagi Siswa: Tinjauan Pustaka
Abstract
Dalam menghadapi tantangan dunia digital yang terus berkembang, kemampuan berfikir komputasi menjasi aspek keterampian yang penting bagi pelajar di era informasi saat ini. Penelitian ini menggunakan metode studi pustakaan yang bertujuan untuk mengevaluasi dan menyusun temuan terkini mengenai kemampuan berfikir komputasi pada pelajar . Dengan merinci berbagai hasil penelitian dari artikel ilmiah. Artikel menyajikan pemahaman yang mendalam tentang perkembangan berfikir komputasi pada pelajar dengan menyoroti faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kemampuan berfikir komputasi, seperti metode pembelajaran, teknologi yang djgunakan serta lingkungan Pendidikan. Selain itu, Artikel ini juga berisi analisis tantangan dan peluang yang dihadapi dalam mengembangkan kemampuan berfikir komputasi khususnya pada tingkatan Pendidikan dasar. Studi Pustaka ini memberikan wawasan berharga bagi pendidik, peneliti dan pengambil kebijakan dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif dan mempersiapkan pelajar untuk masa depan yang semakin terdigitalisasi.
Full Text:
PDFReferences
Anistyasari, Y., Ekohariadi, & Munoto. (2020). Strategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Pemrograman dan Berpikir Komputasi: Sebuah Studi Literatur. JVTE: Journal of Vocational and Technical Education, 2(2), 39. Diakses pada 31 Oktober 2023, dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/JVTE/article/view/10608
Beecher. (2017). Computational Thinking: A Beginner’s Guide to Problem-Solving and Programming. Swindon: North Star House.
Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2020). Berpikir Komputasi Dalam Pembelajaran Matematika. LITERASI, Volume XI, No. 1, 51. Diakses pada 31 Oktober 2023, dari https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/download/1290/1277
Hafidhoh, N., Subhiyakto, E. R., & Astuti, Y. P. (2020). Pengenalan dan Pendampingan Berpikir Komputasi bagi Siswa SD Islam Al Azhar 25 Semarang. Abdimasku, Vol. 3, No. 2, 79. Diakses pada 31 Oktober 2023, dari https://abdimasku.lppm.dinus.ac.id/index.php/jurnalabdimasku/article/view/107/0
Lee, T. Y., Mauriello, M. L., Ahn, J., & Bederson, B. B. (2014). CTArcade: Computational thinking with games in school age children. International Journal of Child-Computer Interaction, 2(1), 26-33. Diakses pada 31 Oktober 2023, dari https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2014.06.003
Lee, T. Y., Mauriello, M. L., Ingraham, J., Sopan, A., Ahn, J., & Bederson, B. B. (2012). CTArcade: learning computational thinking while training virtual characters through game play. In CHI'12 Extended Abstracts on Human Factors in Computing Systems. Austin,USA: Texas.
Maksum, K., Afifah, N., Ardiyaningrum, M., & Sukati.(2022). Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Berpikir Komputasi pada Pelajaran Matematika Sekolah Dasar (SD) / Madrasah Ibtida’iyah (MI). MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 9(1), Maret
OECD. (2018). The Future of Education and Skills Education 2030. New York: OECD.
Sanusi, A. (2016). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Wing, J. M. (2006). Computational thinking. Communications of the ACM, 49(3), 33–35. Diakses pada 31 Oktober 2023, dari https://dl.acm.org/doi/10.1145/1118178.1118215
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.