Pembelajaran Energi dan Perubahannya dalam Tematik dengan Model Kooperatif Tipe TGT di SD Nagasari

Nining Safitri, Usep Saefuddin, Chandra Chandra

Abstract


penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya hasil belajar siswa kelas III SDN Nagasari dalam pembelajaran tematik Tema 7 Energi dan Perubahannya.Siswa masih pasif dalam pembelajaran sehingga diperlukan suatu media dan model yang menarik dan menyenangkan.Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas model kooperatif tipe TGT dalam pembelajaran Energi dan Perubahannya dalam konteks pendekatan tematik.Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, kelompok kontrol menerima pembelajaran mkonvensional sementara kelompok eksperimen mengikuti pembelajaran dengan model TGT.Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa termasuk tes tertulis dan observasi kinerja siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model TGT secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep energi dan perubahannya.Selain itu, model TGT membantu meningkatkan kerjasama antar siswa dan mitivasi belajar mereka.Tematik sebagai pendekatan pembelajaran juga memungkinkan siswa untuk mengaitkan konsep energi dengan konteks kehidupan sehari-hari membuat pembelajaran lebih relevan dan menarik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model kooperatif tipe TGT dapat menjadi alternatif yang efektif dalam pembelajaran energi dan perubahannya dalam pendekatan tematik, implementasi model ini dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa, kerjasama antar siswa, dan motivasi belajar mereka dalam konteks tematik

Full Text:

PDF

References


AĆ¢, D. Q. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (teams games tournament) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Pendidikan Kimia Indonesia, 1(2), 37-47.

Adiputra, D. K. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 5(2), 104-111.

Artati, K. Y. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).

Hakim, S. A. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar IPA di kelas IV SDN Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta Barat. International Journal of Elementary Education, 1(4), 249-263.

Nurhayati, N. E. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Dan Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD Kelapa Dua 06 Pagi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Basicedu, 6(5), 9118-9126.

Septiawan, I. M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Dan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).

Siahaan, H. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (Tgt) Terhadap Hasil B


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.