Penguasaan Materi Menggolongkan Hewan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di SD Purwaraja

Heni Nuraeni, Chandra Chandra

Abstract


Penguasaan materi pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yaitu materi menggolongkan hewan siswa kelas III masih rendah. Pada dasarnya siswa masih belum mengenal semua hewan sehingga tidak mampu menggolongkan hewan berdasarkan tempat hidupnya. Berdasarkan hal tersebut, penelian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil melalaui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam penguasaan materi penggolongan hewan. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD mempunyai keunggulan siwa mampu menciptakan kerjasama yang dinamis sehingga mampu mengembangkan pemikirannya lebih luas dalam memecahkan masalah. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart. Target yang terdiri dari 4 komponen, yaitu (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refreksi. Jenis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seleruh siswa kelas III. Hasil penelitian menunjukan hasil dengan memuaskan dan menggembirakan. Melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi penggolongan hewan siswa terlibat aktif dalam diskusi kelompok sehingga meningkatnya hasil belajar dan tumbuhnya motivasi belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Acesta, A. (2014). Pengalaman Melalui Penerapan Keterampilan Proses. 96. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 96–106.

Anitah, S. (2022). Strategi Pembelajaran di SD. Universitar Terbuka.

Depdiknas. (2007). Pusat Perbukuan Depdiknas. Bukupaket.com

Felicia, N. (2020). Perkembangan Peserta Didik (Edisi 3). Universitas Terbuka.

Mahmud, T. P. (2008). PENELITIAN TINDAKAN KELAS Teori dan Praktik (I. Suntana (ed.)). Tsabita.

Marheni, N. K., Jampel, I. N., & Suwatra, I. I. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD) Terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 351. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27414

Mualimin. (2014). PENELITIAN TINDAKAN KELAS Teori dan Praktik. Ganding Pustaka.

Nawawi, H. (2005). Penelitian Terapan. Gajah Mada University Press.

Raharjo, S. B., Handayani, M., Jauhari, M., & M, F. J. (2019). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dalam. In Kemendikbud RI. https://repositori.kemdikbud.go.id/18037/

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.

Slavin, R. E. (1982). Cooperative Learning : Student Teams. What Research Says to the Teacher. In National Education Association.

Winataputra. (2007). Civic Education Konteks, Landasan, Bahan Ajar dan Kultur Kelas. CICED.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Heni Nuraeni, Chandra Chandra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.