Keterkaian Antara Kebiasaan Memembaca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SDN 129 Koto Tengah Kabupaten Kerinci

Annisa Syifa Mauli Yolanda, Hidayati Azkiya, M Sayuti, Romi Isnanda

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi belum maksimalnya siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia karena kebiasaan membaca siswa belum optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterkaitan kebiasaan membaca siswa kelas V SDN 129 Koto Tengah Kerinci, dengan hasil belajar bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah  kuantitatif, dengan metode penelitian korelasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 129 Koto Tengah Kerinci yang berjumlah 14 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah perwakilan dari jumlah populasi yaitu 10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif keterkaitan antara kebiasaan membaca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 129 Koto Tengah Kerinci. Dengan nilai 1 yang berada pada kategori sangat kuat dan dengan nilai signifikan uji korelasi sebesar 0,450 > 0,05  dengan α = 0,05 maka hipotesis penelitian ini diterima, artinya terdapat hubungan positif antara kebiasaan membaca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas V SDN 129 Koto Tengah.


Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35-44.

Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers

Dimyati Dan Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Eka Yanuarti. (2017). Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Kurikulum 13. Jurnal Penelitian, Vol. 11 Nomor 2, Hlm 237-266

.Hadini, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata di TK Al-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Empowerment: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 6(1).

Hamalik, oemar. 2013. Proses belajar mengajar. Jakarta: bumi.

Magdalena, E. (2022). Upaya Meningkatkan Minta Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 54–60.

Novrinda, Kurniah, N., & Yulidesni. (2017). Peran Orang Tua dalam Pendidikan

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Sitepu, T., & Rita, M. P. (2017). bahasa indonesia sebagai media primer komunikasi Pembelajaran. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 67-73.

Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Susanti, E. (2020). Keterampilan Berbicara.

Susanto, A. (2014). Teori Belajar Dan Pembelejaran Di Sekolah Dasar. Jakarta Jakarta Kencana.

Tantri, A. A. S. (2016). Hubungan antara Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Membaca Pemahaman. ACARYA PUSTAKA: Jurnal Ilmiah Perpustakaan dan Informasi, 2(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Annisa Syifa Mauli Yolanda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.