Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berintegrasi Nilai-nilai Keislaman

Ashab Al-Maimanah Roziqien, Melva Zainil

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan sekolah-sekolah dasar yang berbasis keislaman terhadap bahan ajar yang mengintegrasikan materi pembelajaran di dalamnya dengan nilai-nilai keislaman. Pengintegrasian tersebut bertujuan untuk menyeimbangkan antara ilmu pengetahuan yang dimiliki peserta didik dengan kondisi spiritualnya. Untuk itu, dilakukan pengembangan bahan ajar berintegrasi nilai keislaman pada salah satu muatan pelajaran, yaitu matematika, dengan spesifikasi topiknya adalah materi skala di kelas V. Penelitian ini merupakan salah satu penelitian Research and Development, dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas lima tahap. Tahap tersebut dimulai dari analysis (analisis), lalu design (desain), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan ditutup dengan evaluation (evaluasi). penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas V di SDI Khaira Ummah, SD Sabbihisma 2, dan SDIT Nurul Ikhlas. Produk yang dihasilkan telah valid secara materi, bahasa, media, dan keagamaan dengan rata-rata skor validitas sebesar 89,71 %., dan terbilang praktis dengan rata-rata skor praktikalitas sebesar 90,64 %.


Full Text:

PDF

References


Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Perspektif Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (3): 4173-4181.

Azizah, A. A. M. (2021). Integrasi Nilai-nilai Keislaman dalam Pembelajaran IPS pada Kurikulum 2013. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 3 (1): 23-35.

Aziza, M., & Yumarni, A. (2022). Pembelajaran Matematika Berbasis Digital Terintegrasi Nilai-nilai Keislaman Berbantuan Wolfram Mathematica. Malang: Madza Media.

Basri, H. (2021). Integrasi Nilai-nilai Tauhid pada Pelajaran Sains bagi Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 3 (1):164-179.

Elvinas, R., & Erita, Y. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik untuk Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Aplikasi Nearpod di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8 (4): 1296-1307.

M, A. V., & Zainil, M. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis PMRI Menggunakan Konteks Olahraga Karate untuk Siswa SD. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8 (7): 76-84.

Mutijah. (2018). Model Integrasi Matematika dengan Nilai-nilai Islam dan Kearifan Lokal Budaya dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (2): 63-90.

Nurdyansyah. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alam bagi Siswa Kelas IV

Sekolah Dasar. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Rohmah, N. (2019). Integrasi Kurikulum dan Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Membentuk Sikap Religius Siswa. El-Banat: Jurnal ]Pemikiran dan Pendidikan Islam, 9 (2): 197-218.

Samad, M. (2016). Integrasi Pembelajaran Bidang Studi IPTEK dan Al-Islam. Yogyakarta: Penerbit Sunrise.

Sunarti., Ratmiati., & Husnani. (2021). Integrasi Nilai Religius dalam Pembelajaran MI/SD untuk Membangun Karakter Siswa. el-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 4 (1): 65-76.

Suni, F. H., & Ahmad, S. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Flip PDF Corporate Pada Materi Penyajian Data di Kelas V SD. Journal of Basic Education Studies, 6 (1): 497-511.

Syaifullah, M. (2019). Kajian Teoritis Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 3 (1): 127-144.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.