PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DI SEKOLAH DASAR

Yelfianita Yelfianita, Rina Marlina, Yanti Fitria

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penilaian autentik dan untuk mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan penilaian autentik. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas 1 dan guru kelas 5. Objek penelitian adalah penilaian autentik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis model induktif. Hasil penelitian adalah guru kelas 1 dan guru kelas 5 melaksanakan penilaian autentik yang meliputi penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. Guru melaksanakan tahapan penilaian yang meliputi pengumpulan data, pengolahan nilai, menyimpulkan hasil penilaian dan melaksanakan tindak lanjut penilaian. Guru melaksanakan penilaian sikap dengan teknik observasi. Guru melaksanakan penilaian pengetahuan dengan tes tertulis, tes lisan, dan penugasan. Guru melaksanakan penilaian keterampilan dengan tes praktik, produk, dan proyek. Kekurangan dalam penelitian adalah guru tidak melaksanakan penilaian diri, penilaian antar teman, dan penilaian portofolio. Guru kelas 1 dan guru kelas 5 masih mengalami kendala dalam pelaksanaan penilaian autentik.

Full Text:

PDF

References


Amir, M Taufiq. 2012. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenada Media Group.

Annurahman. 2010. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: ALFABETA.

Firman, Harry. 2000. Penilaian Hasil Belajar dalam Pengajaran. Bandung: FMIPA UPI.

Paulina Pannen, Dina Mustafa, Mestika Sekarwinahyu. 2001. Kontruktivisme Dalam Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAL.

Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Suherman, Erman,dkk .2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Sutama. 2010. Penelitian Tindakan Teori dan Praktek dalam PTK, PTS, dan PTBK. Semarang : Surya Offset.

Sutama. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Kartasura: FAIRUZ MEDIA.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yelfianita Yelfianita, Rina Marlina, Yanti Fitria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.