PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENI DRAMA DENGAN MODEL ROLEPLAYING DI SEKOLAH DASAR

Adell Weiss Saralee

Abstract


This study aims to determine whether the role playing method can improve the learning outcomes of grade VI students of SDN 015 Sungai Full City by looking at student learning activities and the achievement of student learning outcomes. This research is a class action research carried out in accordance with the following research procedure: "Planning-Action-Observation-Reflection". The research was conducted in Grade IV SDN 15 Sungai Full City. In cycle I, the knowledge aspect obtained an average of 77.59 with sufficient predicate, while the skill aspect obtained an average of 79.39 with sufficient predicate. Then based on the shortcomings in cycle I and improvements made in cycle II, after applying the Role Playing learning model there was an increase in the aspect of knowledge which obtained an average of 91.11 with a very good predicate, while in the aspect of skills obtained an average of 91.20 with a very good predicate.

 

 


Full Text:

PDF

References


Akollo, J. G., Wattilete, T. A., & Lesbatta, D. (2020). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Dalam Mengembangkan Empati Pada Anak Usia 5-6 Tahun. DIDAXEI: Jurnal Pendidikan. 1(1): halaman 41-52.

Amri, U., & Vismia S, D. 2016. Pengaruh Penggunaan Teknik Bermain Drama Melalui Tetaer Tradisional Randai Terhadap Kemampuan Apresiasi Drama. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 8(No. 2), 190.

Beta, P. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran. CJPE: Cokroaminoto Journal Of Primary Education. 2(2): halaman 48-52.

Budiansyah. (2017). Penggunaan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar Negeri Palembang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1(2): halaman 152-169.

Budianti, Y., & Permata, T. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dan Percaya Diri Siswa Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Buni Bakti 03 Babelan Bekasi. PEDAGOGIK. 5(2): halaman 44-56.

Iswantara, N. (2016). Drama Teori dan Praktik Seni Peran. Yogyakarta: Media Kreativa.

Kirom, S. 2018, Januari. Penguatan Karakter Diri Melalui Pembelajaran Drama Berbasis Kearifan Lokal pada Mahasiswa. JIP, Vol. 8(No. 1),47.

Kurniawan, Anton. 2015. Analisis Struktur dan Nilai Pendidikan dalam Naskah Drama Melik Nggendhong Lali karya Udyn Upeye serta Relevansinya Terhadap Pembelajaran. Surakarta: UNS-FKIP Jurusan Pendidikan Bahasa Jawa.

Listiawati Ayu, Agung Gede, Suarni Ketut. 2014. Penerapan Metode Role Playing Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Kelompok B, E-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Marantika Komang.2014. Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Perkembangan Emosional Anak Di TK Jaya Kumara Cau Blayu, Jurnal Pg-Paud Universitas Pendidikan Ganesha

Mansurdin. (2020). Pembudayaan Literasi Seni di SD. Yogyakarta: Defpublis.

Nalan, S Arthur. 2014. Inner Play:Metode Kreatif Menulis Lakon. Bandung. ISB.

Nurullita, H. (2015). Stigmatisasi Terhadap. Tiga Jenis Seni Pertunjukan Di Banyuwangi: Dari Kreativitas Budaya Ke Politik. Jurnal Kajian Seni, 2(1), 35-51.

Pamadhi, Hadjar dkk. 2014. Pendidikan Seni di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Panjaitan, Regina Lichteria. (2014). Evaluasi Pembelajaran SD Berdasarkan Kurikulum 2013 Suatu Pengantar. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Purwatiningsih. (2017). Mata Pelajaran /Paket Keahlian (Seni Budaya) BAB 1 Konsep dan pola pikir keilmuan dalam pembelajaran Seni budaya. Kementrian pendidikan dan kebudayaan direktorat jenderal guru dan tenaga kependidikan.

Pramayoza, Dede. 2013. Dramaturgi Sandiwara: Potret Teater Populer dalam Masyarakat Poskolonial. Yogyakarta: Penerbit Ombak (Anggota Ikapi)

Rusman. (2017). Belajar dan pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Rahman, Syaeful Ahmad. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL).LITERASI :Jurnal Ilmiah Pend. Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. Vol.7, No.1, Januari 2017 e-ISSN 2549-2594.

Rahmawati, R. (2017). INTEGRASI NILAI DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIKULTURAL DI SEKOLAH DASAR. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.32332/elementary.v 3i1.786


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 adell weiss saralee

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.