Implementasi Model Pembelajaran Terpadu Type Sequenced Dalam Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik

Fitra Ramadani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik, sehingga penelit menerapkan model pembelajaran yang efektif dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan pembelajaran terpadu type sequenced untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 14 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan memberikan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah pada siklus I siswa yang memperoleh skor ≥ ≥ 75 pada siklus I sebanyak 9 orang siswa dengan rata-rata skor 80,84 dan siklus II sebanyak 14 orang siswa dengan rata-rata skor 97,06. Simpulan dari penelitian ini adalah implementasi pembelajaran terpadu type sequenced dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah peserta didik menjadi aktif, kreatif, berani berbicara di depan teman-temannya, sehingga pada akhirnya anak akan menemukan/membangun pengetahuannya sendiri serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dalam menyelesaikan masalah (Problem Solving).


Full Text:

PDF

References


Barth, M., Michelsen, G., Rieckmann, M., & Thomas, I. (2015). Routledge Handbook of Higher Education for Sustainable Development. In Routledge Handbook of Higher Education for Sustainable Development (pp. 1–480). Routledge; Earthscan from Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315852249

Daryanto. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu,Terintegrasi(kurikulum 2013). Gava Media.

Deswita, E., & Amini, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunanakan Canva Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 950–961.

Ertikunto, C. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Media Akademi.

Erwin Akib, Muhammad Erwinto Imran, Saiyidah Mahtari, Muhammad Rifqi Mahmud, Anggy Giri Prawiyogy, Irfan Supriatna, & MT. Hartono Ikhsan. (2020). Study on Implementation of Integrated Curriculum in Indonesia. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 1(1), 39–57. https://doi.org/10.46245/ijorer.v1i1.24

Forgaty, R. ., & Pete, B. . (2009). How to Intregate the Curricula. Corwin Press.

hamalik, O. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bumi Aksara.

Handayani, F., & Mayarnimar. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di SD. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8(2), 124–140.

Hasan, D. M. (2022). Media pembelajaran. Penerbit Tahta Media Group.

Husna Nashihin, Rani Efendi, & S. S. (2020). Pemanfaatan facebook sebagai media pembelajaran pendidikan agama islam pada masa pandemi covid-19. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 31–37.

Kadir, A., & Asrohah, H. (2015). Pembelajaran tematik [Thematic learning]. Rajawali Pers.

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 91–96. https://doi.org/https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778

Min, K. C., Rashid, A. M., & Nazri, M. I. (2012). Teachers understanding and practice towards thematic approach in teaching integrated living skills (ILS) in Malaysia. International Journal of Humanities and Social Science, 2(23), 273–281.

Nashihin, H. (2019). Konstruksi Budaya Sekolah Sebagai Wadah Internalisasi Nilai Karakter. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 8(1), 131–149.

Nindi Sri Wahyuni, A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model TSTS di Kelas IV SD Improved Student Learning Outcomes In An Integrated Thematic Learning Using Model TSTS Class IV SD. Jurnal Inovasi Pembelajaran SS, 8(7), 68–75.

Ovavia, C., Marlina, & Desyandri. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERSASIS MODEL SEQUENCED DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 9–17. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8303

Rahmi, N. S., & Sukma, E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Cooperative Tipe Course Review Horay Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 3056–3067. https://doi.org/10.24036/bmp.v8i2.105545

Safitri, A., & Sukma, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 3 Menggunakan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. 4(2015), 3132–3144.

Setyowati, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sd Negeri Mangunsari 07. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 76. https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.408

Syamsuddin, A., Babo, R., Sulfasyah, & Rahman, S. (2021). Mathematics learning interest of students based on the difference in the implementation of model of thematic learning and character-integrated thematic learning. European Journal of Educational Research, 10(2), 581–591. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.2.581

Taqiya, T. . B., Nuroso, H., & Reffiane, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Berbantu Media Video Animasi. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 289–295.

Vidianto, I. D., Riyanto, Y., & Nasution, N. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Terpadu Model Sequenced Tema Berbagai Pekerjaan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(2), 92. https://doi.org/10.26740/jp.v3n2.p92-96

Wuryani, M. T., Roemintoyo, & Yamtinah, S. (2018). Textbooks thematic based character education on thematic learning primary school: An influence. International Journal of Educational Methodology, 4(2), 75–81. https://doi.org/10.12973/ijem.4.2.75

Zulfa, E., Nuroso, H., & Reffiane, F. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Terpadu Tipe Sequenced Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 18. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24938


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fitra Ramadani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.