Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Pecahan

Eticha Chonesty, Syahrilfuddin Syahrilfuddin, Zetra Hainul Putra

Abstract


Matematika merupakan ilmu terapan yang dibutuhkan manusia ketika mengalami kasus-kasus kehidupan. Oleh sebab itu, siswa SD dituntut untuk dapat menguraikan masalah matematika dengan menyelesaikan masalah cerita. Soal-soal tersebut termasuk kasus matematika dalam kehidupan sehari-hari. Namun, persyaratan tersebut berbanding terbalik dengan kenyataan yang ada di SD Negeri Pekanbaru. Dalam materi pendidikan, banyak siswa yang kinerja akademiknya buruk menunjukkan adanya kesenjangan dalam proses pengajaran dan perlu direvisi. Untuk itu perlu terlebih dahulu mencoba menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa saat menyelesaikan soal cerita. Hingga dari itu, riset ini diperuntukan buat mengenali kesalahankesalahan siswa kelas V dalam mengerjakan soal cerita matematika materi pecahan. Bersumber pada paparan diatas, hingga riset ini mangulas tentang kesalahan- kesalahan siswa.  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian campuran (mixed methods). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa yaitu Encoding Errors sebesar 62% Selanjutnya diikuti oleh Comprehension Errors sebesar 40,5 % , Process Skills Errors sebesar 20,5 %, Tranformasion Errors sebesar 14,5% dan Reading Errors sebesar 2%.

Full Text:

PDF

References


Amalia, S. (2017). Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman dalam Meneyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Kognitif Mahasiswa . Jurnal Aksioma, 17-30.

Cahyono. (2017). Analisis Kesalahan Jawaban Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan berdasarkan Kategori Kesalahan Newman di SMP Negeri 2 Sawit. Surakarta: Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Chusnul, Rr.C. (2017). Errors Analysis of Problem Solving Using The Newman Stage After Applying Cooperative Learning of TTW Type. International Conference and Workshop on Mathematical Analysis and its Applications, AIP Conf. Proc. 1913, 020028-1–020028-7.

Herholdt, R. &. (2014). An Error Analysis in the Early Grades Mathematics – A Learning Opportunity. South African Journal of Childhood , 42 – 60.

Jha, K. (2012). Mathematics performance of primary school students in assam (india):an analysis using newman procedure. International Journal of Computer Application in Engineering Sciences 2, 17-21.

Juliyanti. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan pada Siswa Kelas IV SD Negeri Se- gugus Lodan Sumatera Utara. Semarang: Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Lusiana. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah pada Materi Himpunan ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 24-29.

Prakitipong, N, & Nakamura, S. (2006). Analysis of Mathematics Performence of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. Journal of International Cooperation in Education 9, 111-122.

Santoso, D. (2017). Error Analysis Of Students Working About Word Problem Of Linear Program With NEA Procedure. Journal of Physics, 1-8.

Sigh P, Rahman, & Hoon, T.S. (2010). The Newman Procedure for Analyzing Primary Four Pupils Errors on Written Mathematical Tasks: A Malaysian Perspective. International Conference on Mathematics Education Research, 264-271.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Eticha Chonesty, Syahrilfuddin Syahrilfuddin, Zetra Hainul Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.